TUGAS MANAJEMEN
1. Siapa yang sebenarnya membutuhkan manajemen ? mengapa manajemen harus ada.
Jawab :
Manajemen dibutuhkan dan diperlukan untuk semua tipe kegiatan yang diorganisir dan dalam semua bentuk kegiatan organisasi, dimana ada orang bekerja sama di dalam mencapai suatu tujuan disitulah manajemen diperlukan dan dubutuhkan. Macam bentuk dari organisasi sebenarnya sama dalam menjalankan manajemennya(dalam hal ini fungsi manajemen), karena fungsi manajemen sifatnya adalah universal, sama baik untuk perusahaan kecil, besar maupun multinasional dan lain sebagainya.
Ada tiga hal penting mengapa manajemen diperlukan :
a. Tujuan yang hendak di capai baik tujuan organisasi maupun tujuan pribadi.
b. Mengembangkan antar tujuan yang berbeda dan saling bertentangan, seperti kepentingan organisasi,, perbankan, pelanggan, konsumen, serikat pekerja, asosiasi dagang, masyrakat dan pemerintah.
c. Mencapai efisiensi dan efektivitas dalam pencapaian tujuan.
2. Sebutkan dan jelaskan secara singkat konsepsi utama guna mengukur prestasi kerja(performance) manajemen.
Jawab :
a. Efesien yaitu kemampuan menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar, dicapai dengan menghitung tingkat ratio dari keluaran (out put) dan masukan (input)
b. Efektivitas yaitu kemampuan guna memilih berbagai alternative yang ada guna mencapai tujuan yang diinginkan.
3.
a. Mengapa ilmu manajemen mempunyai sifat universal ?
b. Mengapa ilmu manajemen harus mempunyai sifat fleksibel ?
Jawab :
a. Manajemen bersifat universal karena menggunakan kerangka ilmu pengetahuan yang bersifat sistematis yang mencakup kaidah kaidah atau rumusan rumusan prinsip prinsip dan konsep konsep. Jadi bila ada seorang manajer mempunyai dan menggunakan pengethuan dasar mengenai manajemen serta dapat menerapkan ilmu tersebut pada bentuk, situasi dan kondisi yang ada, maka manajer tersebut dapat penajalankan fungsi fungsi manajerial yang ad secara efisien dan efektif.
b. Di dalam pencapaian tujuan seorang manajer memerlukan kerja sama dengan bawahannya, maka dalam penerapanya di perlukan sikap dan tindakan yang fleksibel dengan melihat pada bentuk, tujuan dan situasi serta kondisi yang ada, baik dilingkungan intern perusahaan maupun dilingkungan ekstern perusahaan. Apalagi dalam kerja sama ini harus bekerja sama dengan orang lain yang juga mempunyai sifat, watak dan kondisi yang berbeda juga kempampuan yang dimiliki oleh bawahannya.
4. Apa yang dimaksud dengan pengertian manajer yang efisien dan manajer yang efektif, jelaskan jawaban saudara secara ringkas dan benar.
Jawab :
- Manajer yang efisien yaitu seorang manajer yang mempunyai kemampuan atau dapat mencapai input yang lebih besar daripada out punya. Boleh dikatakan juga bahwa seorang manajer yang efisien yaitu manajer yang dapat meminimumkan biaya penggunaan sumber daya yang ada untuk mencapai keluaran yang telah ditentukan.
- Manajer yang efektif yaitu seorang manajer yang dapat memilih pekerjaan yang tepat dan metode yang tepat di dalam pencapaian tujuan.
Selasa, 27 September 2011
TUGAS MANAJEMEN
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
1 comment
kok sama dengan yang ini yah vin ?
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/pengantar_manajemen_umum/Bab_1.pdf
apa dosen kita ngambil bahan dari situ, ? gag kreatif bgt tuh dosen klo ngambil bahan diinternet >.<
Posting Komentar